Selasa, 22 November 2011

SEKILAS TENTANG WEBLOG / BLOG & SOCIAL NETWORK

posted by didy17s (suradi) pada Selasa, November 22, 2011
  • Pengertian Blog
  • Menjadi penulis independent
  • Situs weblog populer
  • Social network dan blog
  • Blog buat cari duit

1.1 Pengertian Blog
blog berasal dari kata weblog, yang intinya merupakan sebuah halam web yang berisi catatan si pemilik web. Catatan – catatan ini keterangan waktu, biasanya terdiri atas tanggal, bulan, dan tahun. Catatan ini pun bisa di arsipkan, sehingga memudahkan dalam melihat pembagian waktu dan catatan tersebut.



Blog bersipat individual atau pribadi dan dapat di miliki oleh perorangan. Sedangkan website atau situs pada umumnya dimiliki oleh perusahaan atua organisasi serta di-maintenance oleh lebih dari satu orang. Secara singkat, weblog/blog bisa diartikan sebagai sebuah diary digital.

1.1.1 – jenis blog
Karena blog merupakan catatan sipemilik blog, maka ada beraneka ragam pula jenis blog yang ada misalnya:
a) Blog pribadi, merupakan blog yang memuat hal-al pribadi yang berkaitan dengan si pemilik blog.
b) Blog pendidikan, merupakan blog yang berkaitan dengan pendidikan . Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
c) Blog agama, membahas atau berkaitan dengan topik keagamaan.
d) Blog seni (artblog), berhubuungan dengan seni.
e) Blog politik, tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbaris blog (seperti kampanye)
f) Blog bertopik: blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
g) Blog kesehatan: lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan, dll
h) Blog sastra: lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
i) Blog perjalan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterang-keterangan tentang perjalan/traviling.
j) Blog riset: persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
k) Blog hukum: persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
l) Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
m) Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
n) Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
o) Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
p) Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing.
q) Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).


1.2 Menjadi Penulis Independent
Tanpa disadari seorang penulis blog telah menjadi seorang penulis independent. Mengapa? Tentunya Anda pernah menuliskan pengalaman pribadi pada media buku catatan harian. Bahkan Anda pernah menuliskan bermacam uneg-uneg, curhat-an perasaan, dan semua hal yang dirasakan, baik rasa senang, sedih, dan gembira. Semua hal tersebut Anda tulis dengan bebas dan karena itulah disebut independent, yaitu tak terikat oleh hal apa pun. Seiring kemajuan zaman dan teknologi, semua hal banyak mengalami perubahan. Baik dalam pola hidup dan budaya pada masyarakat itu sendiri. Saat ini, Anda masih tetap dapat menjadi penulis independent, namun memiliki alternatif media, yaitu melalui media internet. Internet memberikan banyak kontribusi pada manusia untuk terus berkreasi dan berinovasi. Salah satunya dengan munculnya Weblog. Pada weblog Anda bebas menulis apa yang hendak Anda tulis, tetapi dengan memperhatikan etika dan aturan yang berlaku. Kunjungi halaman http://www.dtcc.edu/cs/rfc1855.html untuk melihat etika ber-internet.


1.3 WeBlog Populer
Sejarah munculnya weblog dirintis oleh PyraLab dengan membuat Blogger. Merupakan situs internet yang berisi catatan pribadi serta topik-topik yang dibuat pemiliknya. Tahun demi tahun berganti situs Weblog pun bermunculan dan mulai memikat penggemarnya. Muncullah WordPress, Multiply, Blogspot/Blogger,
Blogdrive, Live Journal My Opera, dan lain sebagainya. Weblog tersebut amat popular digunakan karena fasilitas serta kemudahan yang ditawarkan oleh blog gratis tersebut. Disebut blog gratis karena user/pengguna cukup melakukan registrasi pada situs resmi blog tersebut, yang selanjutnya user akan dapat langsung menggunakan blog tersebut. Ada pula versi berbayar, yang berarti Anda harus memiliki webhosting dan domain sendiri. Dalam versi berbayar, Anda harus melakukan penginstalan software blog tersebut pada webhosting yang Anda miliki. Contoh blog tersebut misalnya WordPress. Nah, untuk mendapatkan sedikit gambaran mengenai Bloghosting, Anda dapat melihat sekilas tampilan dari free bloghosting tersebut.

1.3.1 WordPress
Situs penyedia jasa blog resmi WordPress berbahasa Inggris terdapat
pada http://www.wordpress.com, sedangkan versi Word-Press berbahasa Indonesia terdapat di http://id.wordpress.com/.


1.3.2 Multiply
Multiply merupakan penyedia layanan blog yang juga merupakan
situs social networking seperti Facebook. Untuk melihat apa saja
yang ada pada multiply, Anda dapat membuka situs
http://multiply.com/.


1.3.3 Blogger
Merupakan situs blog milik Google, pada awalnya dimiliki oleh Pyralab, baru pada bulan Februari 2003 diakuisisi oleh Google. Situs Bloghosting ini yang akan penulis bahas lebih dalam di postingan ini. Untuk melihat halaman muka Blogger dapat dilihat pada alamat http://www.blogger.com/start.



1.3.4 Blogdrive
Untuk melihat situs resminya, Anda dapat membuka halaman
http://www.blogdrive.com/.



1.3.5 LiveJournal
Situs social networking sekaligus blog. Untuk melihat situs ini, silakan Anda buka halaman http://www.livejournal.com/.



Blog-blog tersebut hanya sekelumit blog yang dapat Anda gunakan secara GRATIS. Untuk melihat daftar blog lainnya, dapat Anda lihat pada halaman:
http://en.wikipedia.org/wiki/Blog_software#Free_and_open_source_software
yang akan menjabarkan situs yang terdaftar sebagai penyedia blog gratis dan open source.




1.4 Social Network dan Blog
Berbicara masalah social network, blog juga dapat membangun social network (jaringan sosial). Jika pada situs yang berbasiskan jaringan sosial misal Facebook, Twitter,  Myspace dan banyak lagi. jaringan sosial dibangun dengan koneksi dari teman kita ke teman dari teman kita, dan memiliki kaitan yang luas hanya berdasarkan profil pengguna situs tersebut. Pada Blog, jaringan sosial dibangun kurang lebih sama. Hanya pada blog didasarkan pada tulisan serta komentar yang diterima. Artinya, semakin banyak dan berbobot tulisan Anda atau setidaknya menarik, maka orang akan banyak berkunjung dan membangun jaringan sosial untuk blog Anda. Nah, punya blog yang bagus akan mewujudkan jaringan sosial dunia maya yang berdasarkan atas kesamaan pikiran serta minat menulis. Asyik bukan…



1.5 Blog Buat Cari Duit
Blog untuk mendapatkan uang tambahan atau untuk cari duit bukanlah hal yang mustahil. Mengapa dikatakan demikian, jika sebuah blog yang Anda bangun begitu menarik dan mendatangkan banyak pengunjung, hal ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sarana berpromosi yang amat baik bagi pihak yang memiliki kepentingan. Anda dapat mengikuti program Afiliasi atau AdSense yang disediakan oleh Google. Akan tetapi, tidak semua blog gratis mensupport program ini karena kebijakan yang berbeda. Jika Anda menggunakan Blogger, Anda dapat mengikuti program AdSense ini. Namun, tidak untuk blog wordpress.com (gratis). Nah, jika Anda menggunakan Blog WordPress berbayar, barulah Anda dapat mengikuti program ini. Untuk melihat informasi tentang AdSense, Anda dapat membuka halaman resmi Google. Informasi dengan halaman berbahasa Inggris, Anda dapat membuka pada halaman:
http://www.google.com/adsense/login/en_US/?hl=en_US
Dan informasi adsense dalam bahasa Indonesia dapat Anda lihat
pada halaman:
http://www.google.com/adsense/login/in/?hl=in
Baca Juga Artikel Terkait di bawah ini

0 komentar :